BELAJAR MEMBUAT DESAIN KAOS

Diposting oleh Designer Bandung on Minggu, 14 September 2014

Hampir semua orang, baik pria dan wanita banyak sekali yang menggunakan baju kaos. Pertanyaannya, kenapa banyak orang menggunakan baju kaos? Beberapa surpey yang kami lakukan, berdasarkan jawaban mereka sebagai pengguna baju kaos adalah lebih simpel, sederhana, casual, dan lebih nyaman digunakan. Selain alasan di atas, keistimewaan baju jenis kaos ini adalah Desain Kaos yang dibuat sangat menarik. Banyak sekali desainer grafis berlomba-lomba menciptakan desain kaos sebagai brand mereka, sehingga nilai jual kaos tersebut menjadi mahal. Harga kaos di butik dan distro mencapai hingga ratusan ribu rupiah. Walaupun harganya mahal, tetapi produk tersebut laris manis di pasaran. Semua ini menandakan bahwa, baju berjenis kaos ini banyak digandrungi oleh banyak orang. Jika melakukan research market, kebanyakan orang yang menggunakan kaos ini adalah kaula muda baik pria maupun wanita.

Cara Membuat Desain Kaos yang Menarik

Jika Anda salah seorang penggemar baju kaos, Anda bisa membuat desain kaos oleh sendiri dengan ide-ide yang unik dan menarik. Membuat desain kaos tidak jauh berbeda dengan membuat desain grafis lainnya yaitu berdasarkan tema desain. Tema inilah yang akan menjadi awal diciptakannya ide menjadi sebuah konsep desain. Kemudian bagaimana cara membuat konsep desain kaos? Pertama yang harus didalami adalah tema desain lalu ciptakan ide awal dan selanjutnya buatlah konsep desain kaos yang sederhana tetapi unik dan menarik. Contoh yang bisa kita ambil, jika Anda mempunyai tema desain kaos tentang otomotif maka ide yang bisa Anda buat adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan otomotif. Anda bisa menciptakan ide mulai dari kata-kata yang berhubungan dengn otomotif (Gear, The Best Car, Racing, Speed, dan lain-lain). Selanjutnya Anda ciptakan konsep desain kaos mulai dari kata-kata sampai bentuk atau gambar yang berhubungan dengan otomotif (gambar mobil, gambar ban, gambar gear, dan lain-lain).

Aplikasi yang Digunakan untuk Membuat Desain Kaos

Pekerjaan selanjutnya adalah cara mengaplikasikan dan membuat desain kaos berdasarkan tema, ide, dan konsep desain yang telah dibuat atas. Bagaimana caranya? Pertama Anda bisa membuatnya dengan skatsa dari gambar manual menggunakan pensil. Kemudian sketsa desain kaos yang telah Anda buat bisa Anda cek apakah sudah sesuai dengan ide dan konsep desain Anda? Jika sudah, maka Anda akan membutuhkan sebuah aplikasi desain grafis untuk membuat desain dengan menggunakan komputer yaitu sebuah software seperti Corel Draw, Adobe Ilustrator, atau Adobe Photoshop. Ketiga software tersebut adalah aplikasi yang selalu digunakan oleh para desain grafis untuk membuat desan kaos yang berkualitas. Kemampuan ketiga program desain grafis tersebut tidak perlu diragukan lagi, karena sudah teruji oleh para desainer grafis di dunia. Mari kita mengulas beberapa kampuan program desain grafis di atas.

1.    Aplikasi Desain Grafis Corel Draw
Program Corel Draw adalah aplikasi desain grafis berbasis vektor. Program ini sangat pleksibel dan mudah digunakan. Kemampuan Aplikasi ini sangat cocok digunakan untuk membuat berbagai macam desain termasuk desain kaos dengan data file berbasis vektor sebagai Andalan dari aplikasi tersebut.

2.    Aplikasi Desain Grafis Adobe Ilustrator (AI)
Adobe Ilustrator merupakan aplikasi desain grafis yang mirip dengan Corel Draw yaitu berbasis vektor. Perbedaannya adalah perusahaan yang membuatnya berbeda tetapi fungsinya harmpir sama dengn Corel Draw. Sebagai informasi tambahan bahwa, Aplikasi ini dibuat oleh perusahaan Adobe System. Tentu kemampuan dan kehandalan aplikasi desain grafis ini sangat mampu membut desain kaos yang paling bagus sekalipun.

3.    Aplikasi Desain Grafis Adobe Photoshop
Sedikit berbeda dengan aplikasi yang dijelaskan pada poin 1 dan 2. Apa saja perbedaannya? Aplikasi Adobe Photoshop adalah program yang sangat handal, populer, dan mempunyai kemapuan yang sangat hebat dengan desain berbasis Image/gambar. Untuk semua desain yang berhubungan dengan image/gambar, maka Anda bisa menggunakan aplikasi Adobe Photoshop. Semua Image/gambar bisa diolah, diedit, didesain, dan dimanipulasi dengan sangat mudah. Jika melihat kehebatan Aplikasi Adobe Photoshop, maka sudah jelas Anda bisa membuat sebuah desain kaos yang paling bagus dan menarik. 

Cara Belajar Menggunakan Aplikasi Desain Grafis untuk Membuat Desain Kaos

Jika Anda belum bisa menggunakan ketiga aplikasi desain grafis di atas, maka Anda siap untuk mempelajarinya. Mempelajari aplikasi-aplikasi di atas tidak terlalu sulit bahkan sangat mudah. Jika Anda ingin cepat bisa maka, Anda harus belajar dengan serius dan tekun. Ada beberapa metode belajar di antaranya, sebagai berikut.
  1. Anda bisa belajar sendiri dengan menggunakan spesifikasi komputer yang cukup tinggi. Anda bisa memanfaatkan informasi yang ada di internet melalui google.com. Tutorial Aplikasi di atas sangat banyak sehingga Anda bisa belajar dengan mudah dan cepat. Tutorial yang bisa dipelajar ada beberapa macam jenis file, di antaranya adalah video tutorial dan konten yang bisa Anda baca.
  2. Cara kedua Anda bisa bergabung dengan komunitas desain grafis di website dengan komunitas para ahli desain grafis. Salah satunya adalah website kaskus.com. Anda bisa bertanya apa saja tentang desain grafis.
  3. Selain media belajar dengan media online, maka Anda bisa belajar dengan cara offline. Caranya adalah Anda bisa kursus/privat pada lembaga pendidikan desain grafis. Di sana Anda akan mendapatkan pengetahuan tentang desain grafis sesuai dengan kurikulum yang diajarkan di lembaga pendidikan tersebut. Mungkin ada sedikit perbedaan yang unik jika belajar dengan menggunakan poin ke-3 yaitu jika sudah selesai, Anda akan mendapatkan sertifikas atau izajah.
Selanjutnya Anda bisa memilih metode balajar desain grafis untuk mencapai tujuan Anda yaitu bisa membuat desain kaos yang bagus dan menarik. Jika teknik menggunakan aplikasi desain grafis sudah Anda kuasi, maka Anda bisa mengembangkan kemampuan tersebut dengan giat berlatih dan mencoba membuat desain kaos yang baru.

Cara Mengembangkan Kemampuan Desain Grafis dengan Cepat

Jika Anda telah menguasai salah satu aplikasi desain grafis maka, selanjutnya adalah bagaimana cara mengembangkan kemampuan desain grafis supaya berkembang dengan pesat. Anda pastinya sudah tahu yaitu dengan giat berlatih dan tekun. Tetapi ada cara lain yaitu belajar mengamati desain kaos hasil karya orang lain. Cara ini sangat efektif dan sangat membantu Anda dalam mengembangkan konsep desain kaos yang dibuat oleh Anda dengan desain kaos yang dibuat oleh orang lain. Pertanyaannya, apakah desain kaos yang dibuat oleh Anda lebih bagus? Atau sebaliknya?.

Jawaban pertanyaan di atas bisa dijawab dengan mudah oleh Anda sendiri. Pada dasarnya jika mata kita sudah banyak melihat dan mengamati desain kaos yang dibuat oleh orang lain, maka secara otomatis mata kita akan tahu, mana desain yang lebih baik dan juga sebaliknya. Kemudian jika Anda kurang yakin untuk menilai desain yang dibuat sendiri, maka Anda bisa bertanya kepada beberapa orang untuk diminta pendapatnya untuk mengomentari desain kaos yang sudah Anda buat. Dalam hal ini, Anda harus siap menerima komentar dari orang-orang tersebut. Komentar dari mereka bisa berbeda mungkin ada yang mengomentari bagus juga sebaliknya. Dalam hal ini, Anda harus bisa mengambil sisi positif dari semua komentar tentang desain yang Anda buat. Berdasarkan pengalaman bahwa, setiap komentar akan membangun mental dan insting desain yang sudah dipelajari.

Beberapa Contoh Desain Kaos yang Bisa Dijadikan Referensi Ketika Anda Membuat Desain

Sengaja saya tampilkan beberapa desain kaos yang dibuat oleh orang lain untuk diamati, dipelajari, sehingga insting dan kemampuan desain Anda terus berkembang dengan pesat.




2.   Obey





Demikian artikel “cara membuat desain kaos” semoga bisa menambah wawasan Anda dalam mengembangkan karya seni desain grafis. Selamat membaca.

{ 7 komentar... read them below or add one }

Unknown mengatakan...

http://goo.gl/y6v2k5
thanks informasinya sangat menarik...

Unknown mengatakan...

Terima kasih informasinya sangat bermanfaat sekali, oya untuk desain kaos saya serahkan kesini http://www.sribu.com/id/services/t-shirt-design karena design2 bagus2..

Unknown mengatakan...

Terimakasih atas informasinya :)
http://bit.ly/1HmSQfi

Unknown mengatakan...

JUAL BONGKAHAN BATU BACAN DARI MALUKU UTARA,BACAN DOKO DAN PALAMEA (TERNATE DAN HALMAHERA) DI JAMING 100% KEASLIANNYA (Uang kembali kalau bukan batu bacan asli dari maluku utara)

Daftar harga sebagai berikut;
✿ BACAN DOKO DARI TERNATE (Maluku Utara)
-Berat 1 Ons Rp 500 Ribu
-Berat 5 Ons Rp 1 Juta 250 Ribu
-Berat 1 Kg Rp 2 Juta 500 Ribu
-Berat 2 Kg Rp 4 Juta 200 Ribu
-Berat 2 Kg Rp 4 Juta
-Berat 5 Kg Rp 7 Juta
-Berat 10 Kg Rp 10 Juta
-Berat 15 Kg Rp 12 Juta
-Harga masih bisa nego dikit mass,setiap pembelian perkilo dapat bonus 1permata batu bacan.

✿ BACAN PALAMEA DARI HALMAHERA (Maluku Utara)
-Berat 1 Ons Rp 500 Ribu
-Berat 5 Ons Rp 1 Juta 200 Ribu
-Berat 1 Kg Rp 2 Juta 200 Ribu
-Berat 2 Kg Rp 4 Juta
-Berat 5 Kg Rp 7 Juta
-Berat 10 Kg Rp 10 Juta
-Berat 15 Kg Rp 12 Juta
-Harga masih bisa nego dikit mass,setiap pembelian perkilo dapat bonus 1permata batu bacan.

✿ Kondisi bahan ;
– Bahan / rough bacan doko asli bukan sintetis
– Bahan tua (galian lama)
– Hasil tambang sendiri
– Bukan bacan rawatan,tapi murni hasil alam
– Kualitas super kristal, sudah tembus
– Sudah tembus
– Beberapa titik sudah ada yang kristal
– Bahan keras dan padat
– Siap gosok poles
– Daging utuh, tanpa kapur
– Tidak rapuh, tidak mudah pecah / retak
– Deskipsi sesuai apa adanya, harap diperhatikan dengan baik agar tidak ada dusta diantara kita

Melayani Pembelian Per Kilo Dan Per Ons Untuk Bongkahan
Kita Juga Melayani Pembelian Luar Daerah Dan Luar Kota
Bagi Pecinta Bacan Yang Minat Silahkan Langsung Hubungi No.HP
XL : 081998473216
AS : 085256498547
PIN BB : 53DD0682

#.stock terbatas
Siapa cepat dia dapat
Bagi yg merasa sudah minat dan ingin transaksi pembelian dengan kami,
Adapun cara yg kami sediakan:COD bisa silahkan datang ke alamat saya di daerah Halmahera selatan
Alamat:Jl.Rawabadak rt 004 rw 007,desa amasing kota utara kec.Bacan,halmahera selatan maluku utara,dan bagi peminat batu bacan di luar kota bisa kami kirim melalui jasa pengiriman seperti:JNE/TIKI/KANTOR POS,
*Bagi peminat luar kota silahkan dikirim fotmat pemesanang sebagai berikut:
-Nama Lengkap
-Alamat lengkap
-No HP(Hendpoon) yang selalu aktif
-Jika sudah di isi formatnya silahkan CALL/SMS di nmr sebagai berikut:
XL : 081998473216
AS : 085256498547
PIN BB : 53DD0682
jika barang sudah kami kirim,kami berikan no.resi pengiriman barang yang anda pesan,dan kami sengaja melayani pembelian luar kota ,kami ingin cari rekan bisnis jual bongkahan batu bacan di luar kota dan siapa tau ada yang minat hubungi kami terimah kasih.Assalamu Alaikum

KaosYES mengatakan...

halo kak, kami ada grosir kaos polos 100% bahan katun yang berkualitas dengan harga terjangkau dan banyak pilihan warnanya juga loh..

Unknown mengatakan...

Bisa mnta kontak WAnya kak

Webshare Administrator mengatakan...

Sallam kenal.. permisi Gan sy mau share informasi siapa tau ada yg membutuhkan untuk visitor lainnya, bagi yg ingin membuat desain tp tdk memiliki skill desain Anda bisa menghubungi Adconomic.com pilih jasa desain grafis.
Atau ada yg membutuhkan jasa iklan online untuk memperluas pemasaran usaha nya serta membutuhkan jasa website silahkan kunjungi link berikut:
jasa iklan facebook ads
jasa iklan instagram ads
jasa promosi instagram
jasa google adwords
jasa social media marketing
jasa digital marketing
jasa website toko online
Sallam & terima kasih Gan, Semoga bermanfaat bagi yg membutuhkan.

Posting Komentar